Air Terjun Lakolat Sumba, Destinasi Wisata yang Bikin Betah

Salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi di Sumba adalah Air Terjun Lakolat Sumba. Ini merupakan destinasi pelesir yang luar biasa dan pasti bikin traveler betah berlama-lama di sana.

Di artikel traveling berikut ini akan dijelaskan tentang Air Terjun Lakolat di Sumba. Silakan disimak lalu jadikan pedoman kamu sebelum mendatanginya. Berikut review tempat wisata selengkapnya:

Pesona Air Terjun Lakolat Sumba

Air Terjun Lakolat Sumba

Air Terjun Lakolat Sumba//Travellingyuk

Air Terjun Lakolat merupakan air terjun yang indah. Selain dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, air terjun juga seakan berpagar tebing-tebing yang tinggi. Selain itu didasar air terjun terdapat batu kali dengan berbagai macam ukuran.

Salah satu kelebihan Air Terjun Lakolat Sumba ialah airnya jernih dan mengalir dengan tenang. Bahkan tidak sedikit pengunjung yang menjadikannya air untuk mencuci muka hingga berenang.

Suara kecipak air yang bertabrakan dengan bebatuan juga menambah pesona tersendiri. Apalagi jika kamu datang siang hari yang mana cahaya matahari membiaskan warna air yang beraneka ragam.

Aktivitas Wisata di Air Terjun Lakolat Sumba

Air Terjun Lakolat

Air Terjun Lakolat//Travellingyuk

Selain menikmati pesona Air Terjun Lakolat Sumba yang permai dan sejuk traveler juga bisa melakukan aktivitas wisata yang lainnya di tempat ini. Salah satunya adalah melihat hewan langka yang terkadang muncul di tepi air terjun. Berikut aktivitas selengkapnya:

1. Melakukan Tracking di Antara Bebatuan

Aktivitas yang pertama di Air Terjun Lakolat Sumba adalah melakukan tracking. Namun bukan pendakian biasa melainkan pendakian dari dasar air terjun ke area puncak yang jaraknya tidak terlalu tinggi dan terjal.

Bahkan jika debit air sedang rendah akan terlihat jalur tracking yang seperti undakan. Uniknya di setiap undakan terdapat kali kecil yang berukuran tidak terlalu luas. Jadi kamu bisa tracking dan berenang di sana sekalipun tidak perlu menuju puncak air terjun.

Selain itu di undakan pertama dari dasar kamu bisa menjadikannya sebagai tumpuan untuk meloncat. Karena di bawah terdapat kali kecil yang airnya jernih. Namun pastikan lakukan saat musim kemarau karena jika penghujan sungai cukup dalam.

2. Berfoto Selfie

Jika kamu tidak ingin berenang cukup dengan berfoto selfie saja. Apalagi spot fotonya tersedia secara alami. Terserah mau berfoto di tebing air terjun, padang rumput atau di dalam hutan yang dekat dengan air terjun.

Bahkan banyak pengunjung yang mengabadikan posenya ketika sedang duduk di atas batu sungai di kali kecil yang sejuk dan berair jernih. Cipratan air yang menyentuh bebatuan semakin membuat hasil foto instagenik dan menarik.

3. Camping

Pengunjung yang ingin berkemah di sekitar air terjun juga diperbolehkan. Asalkan tetap menjaga kebersihan dan kelestarian hutan. Pastikan untuk melakukannya izin terlebih dahulu kepada kepala desa setempat.

Ini untuk kenyamanan dan keamanan traveler sendiri. Apalagi suasana di sekitar air terjun sangat gelap saat malam hari. Sehingga dibutuhkan orang yang memang memahami tentang wilayah tersebut.

Camping juga aktivitas yang disukai anak muda jika sudah datang ke air terjun ini. Karena, mereka ingin menikmati air terjun saat matahari terbit. Sungguh jika di waktu tersebut keindahan Air Terjun Lakolat sungguh luar biasa.

Rute Menuju Air Terjun Lakolat Sumba

Air Terjun Lakolat Sumba berada di Desa Maidang, Kecamatan Kambata Mapa Mbuhang, Kabupaten Sumba Timur. Sebuah wilayah yang memang agak jauh dari kota. Sehingga pemandangan di perjalanan masih asri dan cuacanya sejuk.

Jika kamu berangkat dari Waingapu jarak tempuh adalah 2 jam dengan menggunakan mobil atau kendaraan. Sekalipun cukup lama tetapi jalur yang membelah bukit membuat panorama kiri kanan jalan sangat elegan.

Dijamin perjalanan tidak akan melelahkan dan mengecewakan. Apalagi jika sudah memasuki desa Maidang yang merupakan tempat adanya Air Terjun lakolat. Pesonanya semakin indah dan suhunya semakin sejuk.

Tracking Menuju Air Terjun Lakolat

Jika sudah tiba di Desa Maidang traveler harus berjalan kaki melakukan tracking ke lokasi air terjun. Pasalnya masih belum ada akses jalan untuk menuju ke sana. Namun perjalanan yang cukup melelahkan ini akan terbayar ketika sudah tiba di lokasi wisata.

Dalam perjalanan tracking traveler akan melewati padang rumput yang cukup luas dan beberapa lahan pertanian penduduk setempat. Jika sudah tiba di pintu gerbang air terjun traveler akan disuguhkan pemandangan hutan dengan barisan pohon bambu.

Di sanalah akan terdapat spot sebagai tempat untuk camping. Jika sudah tiba di lokasi ini berarti Air Terjun Lakolat sudah di depan mata. Silakan lanjutkan perjalanan atau beristirahat sejenak.

Demikian review singkat tentang Air Terjun Lakolat Sumba. Semoga ada manfaatnya untuk para traveler semua. Utamanya yang ingin berwisata tetapi bingung untuk memilih destinasi yang tepat.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x